Seiring kian berkembangnya
teknologi informasi (TI), penyelenggaraan administrasi perkantoran terutama di
lembaga atau instansi pemerintahan yang biasanya dilakukan secara konvensional,
kini sudah masuk babak baru yang disebut e-government. Hal ini tidak terlepas
dari reformasi birokrasi, khususnya dalam aspek tatalaksana, pengelolaan
administrasi perkantoran dapat dilakukan dengan bantuan teknologi informasi
yakni dengan membangun sebuah informasi perkantoran secara elektronik. Untuk
mendukung e-government, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua
melaksanakan Pelatihan tata naskah dinas elektronik melalui aplikasi Sistem
Administrasi Perkantoran Maya (SiMAYA) di Kantor Dirjen e-Government di Jakarta
,Kamis (13/9).
Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Harrold Emil Soro, SE,M.Si, mengatakan,
keberhasilan kinerja organisasi harus didukung oleh kecepatan arus data dan
informasi antar instansi agar terjadi keterpaduan sistem e-government.
Teknologi informasi sudah merupakan suatu kebutuhan yang mutlak sehingga perlu
diterapkan e-government. Salah satunya melalui tata naskah dinas elektronik
dengan aplikasi SiMAYA yang dibuat Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
“Manfaat tata naskah dinas elektronik ini antara lain penghematan sumber daya
seperti tenaga, kertas, waktu dan biaya serta sekaligus efisiensi penghematan
anggaran,” jelasnya.
Betapa tidak, dengan cara konvensional, sebut saja untuk kearsipan surat
menyurat diperlukan berlembar-lembar surat yang mesti dicetak atau print-out.
Selain itu, untuk memudahkan kearsipan surat menyurat secara digital , aplikasi ini sangat
mendukung , misalnya kearsipan SK Pegawai dari surat pengusulan sampai proses
SK, secara sistematis ada arsip digital seperti di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua, yang
kita tahu bersama mempunyai tugas mengurus administrasi kepegawaian di pemprov
Papua yang saat ini berjumlah 13.000 ASN perlu mempunyai system arsip yang
memadai, dengan aplikasi ini diharapkan dari sisi pengarsipan sudah dapat
ditangani langsung melalui aplikasi SIMAYA. SiMAYA adalah aplikasi e-office yang telah
disempurnakan dari aplikasi e-office sebelumnya. Aplikasi SiMAYA telah
disesuaikan dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 5 tahun 2013 tentang penggunaan aplikasi tata
naskah dinas elektronik. (Edison/BKD)