Gubernur Akan Kukuhkan Lima OPD Baru

Gubernur Papua Lukas Enembe dalam pekan ini direncanakan mengukuhkan lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah (PP) 18 2016 tentang OPD.

Hal ini disampaikan Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri di Jayapura, pada Senin (13/2).

Kelima OPD itu menurut pengakuan dia, yakni Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Biro Otsus, Biro Pelayanan, Biro Pengadaan Barang dan Jasa, serta Biro Kerja Sama Luar Negeri.

“Intinya sesuai petunjuk Gubernur Papua Lukas Enembe, pelantikan OPD harus rampung minggu ini. Hanya saja, itu kalau tim yang ada bisa menyelesaikan strukturnya dalam satu atau dua hari kedepan. Tapi kita tetap dorong sehingga bisa dilakukan peresmian dan pelantikan OPD baru baru minggu berjalan ini,” terang dia.

Ia mengakui meski ada penambahan nomenklatur baru, namun pada beberapa instansi bakal dilakukan pengurangan struktur sebagaimana amanat PP 18 2016 tentang OPD.

“Sehingga yang tadinya pada satu dinas atau badan ada yang bidangnya ada enam atau tujuh kini akan berkurang menjadi empat. Biro juga bergitu yang tadinya empat berkurang menjadi tiga.”

“Meski demikian, akan dilakukan penyesuaian dengan OPD yang baru. Sehingga harapannya melalui keputusan bapak Gubernur ini, semua ASN bisa terangkum di OPD yang baru nanti,” tutur dia.

Sementara itu dalam struktur baru sesuai PP 18 2016, akan ada 51 OPD, tiga staf ahli dan asisten. Keseluruhan struktur baru ini akan dikukuhkan dan dilantik oleh Gubernur  Papua Lukas Enembe.

Karenanya, sembari menunggu waktu pelantikan, seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua diimbau untuk tidak meninggalkan tempat tugas. “Baik itu pimpinan SKPD, pejabat eselon III, IV maupun staf.”

“Sebab akan ada staf yang bisa dilantik oleh Gubernur. Karenanya sekali lagi dalam minggu berjalan ini untuk tidak meninggalkan tempat tugas,” tutur dia.