Hendrik Wurumi Jabat Sekda Kabupaten Sarmi

Penjabat Bupati Kabupaten Sarmi Elia Loupatty, Selasa (14/2) resmi melantik Hendrik Wurumi sebagai Sekertaris Daerah (Sekda).

Usai melantik, Elia Loupatty berpesan agar Sekda Sarmi dapat mewujudkan disiplin kerja serta tertib administrasi pekerjaan sesuai tupas pokok dan fungsi masing-masing, guna tercipta kepastian maupun kemudahan pelayanan kepada semua pihak.

“Utamakan mengambil langkah-langkah strategis yang memang harus diprioritaskan serta tunjukan sifat-sifat keteladanan, kearifan maupun konsistensi sebagai ASN.”

“Peliharalah terus tali silahturahmi, persatuan dan kesatuan, demi mewujudkan situasi yang kondusif. Sehingga pelaksanaan tugas-tugas di lingkungan Pemda Sarmi dapat berjalan aman, tertib dan lancar,” imbau Elia.

Sebagai pimpinan birokrasi, ia juga mengharapkan Sekda yang baru dilantik memiliki kemampuan koordinasi, komunikasi dan bisa menciptakan suasana harmonis dengan seluruh stakeholder. Dilain pihak, membina dan mengarahkan ASN serta meningkatkan SDM mereka sesuai keperluan.

Bupati juga mengingatkan pejabat yang baru dilantik, bahwa jabatan yang diemban merupakan amanah yang mesti dijalankan dengan baik. Sehingga butuh komitmen tinggi dan pembuktian untuk menunjukan kinerja yang lebih baik.

“Sebab sesuai mekanisme kepegawaian, kinerja saudara akan terus dievaluasi secara periodik. Apabila dari hasil evaluasi tersebut saudara tidak memberikan kinerja sesuai yang diharapkan, maka harus siap diganti dengan tenaga lain yang dinilai mampu memberikan kinerja lebih baik,” katanya.

Elia menambahkan, pejabat yang baru dilantik merupakan ASN yang telah melalui penilaian dan merupakan figur yang memiliki kualifikasi sesuai dengan bidang pekerjaannya serta telah dipilih melalui prosedur maupun mekanisme baku dibidang kepegawaian.

Sehingga pada kesempatan ini, lanjut dia, ingin kembali ditegaskan bahwa penunjukan pejabat berdasarkan kriteria senioritas semata dipandang tidaklah cukup. Artinya, pertimbangan penampilan kinerja selama ini, prestasi kerja maupun kapabilitas merupakan hal yang harus lebih diperhatikan sesuai kompetensi organisasi.

“Sehingga melalui pertimbangan ini saya harapkan pejabat baru mampu menunjukan komitmen dan prestasinya. Karena itu bekerjalah sungguh-sungguh dengan niat tulus sebab tugas dan kewajiban yang saudara emban harus dipertanggungjawabkan. Bukan saja pada pejabat berwenang yang mengangkat, tetapi kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tutupnya.