Papua Terima Akreditasi Pelaksanaan Diklat PIM II

Pemerintah Provinsi Papua kini dapat menyelenggarakan pelaksanaan diklat PIM II, setelah resmi mengantongi sertifikat akreditasi A.

Sertifikat akreditasi itu diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( MenPAN RB), Asman Abnur kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe, di Jayapura, Jumat (3/3) disaksikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Agus Dwiyanto serta pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi.

Menteri menilai pemberian akreditasi ini merupakan langkah maju bagi Papua. Sehingga kedepan pelaksanaan PIM II, kini dapat dilaksanakan di Papua.

“Sehingga kedepan pejabat yang mengikuti diklat PIM II tak perlu lagi ke Jakarta.”

Sementara itu, Kepala LAN Agus Dwiyanto mengatakan pemberian akreditasi tersebut sebagai penjaminan mutu kualitas lembaga penyelenggara pelatihan bagi ASN yang nantinya akan mengikuti Diklat PIM II di Papua.

"Untuk itu, saya harap keberadaan Diklat PIM II di Papua dapat memajukan kualitas SDM ASN di provinsi ini kedepan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Provinsi Papua memperoleh akreditasi dengan tiga program. Diantaranya, menyelenggarakan PIM IV memperoleh akreditasi tertinggi atau A, PIM III dan II untuk mendapat nilai A.

“Hanya yang masih diperbaiki adalah untuk program pelaksanaan diklat pelaksanaan pelatihan dasar dengan akreditasi B. Meski begitu, nilai ini jauh lebih bagus dibandingkan dengan akreditasi yang didapat oleh provinsi lain di Indonesia," tutupnya.