Gubernur Resmikan PLTD Numfor

Gubernur Papua Lukas Enembe meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga  Diesel (PLTD) Numfor yang berkapasitas 470 Kwh yang mampu melayani 444 rumah di 49 kampung dan 5 distrik, Pulau Numfor, Kabupaten Biak.

Keberadaan PLTD ini pada akhirnya mampu menyuplai listrik warga selama 24 jam, setelah sebelumnya hanya bisa dinikmati dibawah 12 jam.

Gubernur Lukas pun membantu melunasi tunggakan listrik di Numfor sebesar Rp370 juta dengan menyerahkan uang tunai sebesar Rp. 300 juta. Sementara sisanya ditanggung Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak dengan nilai bantuan Rp100 juta.

“PLTD ini sebagai bentuk kepedulian kami yang langsung merespon permintaan Bupati Thomas Ondy guna membantu masyarakat Numfor yang belum menikmati pelayanan listrik dengan baik”.

"Saya pun langsung menginstruksikan Dinas ESDM untuk menganggarkan pengadaan diesel PLTD. Sehingga segera ditindaklanjuti oleh instansi terkait dan saya juga minta kepada bupati lainnya untuk mengikuti,” ujar dia.

Sementara peresmian penggunaan PLTD Numfor dilakukan diresmikan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe disaksikan Ketua DPRP Yunus Wonda, Bupati Biak Numfor Thomas AE Ondy, serta Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak.

Sementara Kepala Distrik Poiru, Andris Mansbawar mewakili seluruh masyarakat Numfor menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Papua atas perhatian tersebut.

"Atas nama seluruh  masyarakat Numfor, kami menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe yang telah menjawab kerinduan masyarakat Numfor dengan kehadiran PLTD Numfor,” kata dia.

Bupati Biak Numfor, Thomas AE Ondy berharap kehadiran listrik di Numfor, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

"Saya minta kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan listrik dengan baik dan memelihara setiap fasilitas yang ada,"imbaunya.