Gubernur Lantik Bupati dan Walikota di Gedung Negara

Gubernur Papua Lukas Enembe direncakan melantik bupati dan walikota hasil Pilkada serentak jilid II pada 22 Mei mendatang, di Gedung Negara Dok V Atas Jayapura. Sejumlah kepala daerah itu, yakni Walikota Jayapura, Bupati Mappi, Lanny Jaya, Sarmi, dan Nduga.

Kepastian ini disampaikan Sekda Papua Hery Dosinaen dalam keterangannya kepada pers, Jumat kemarin di Kantor Gubernur Dok II Jayapura.

“Sudah dipastikan para kepala daerah hasil Pilkada serentak jilid II dilantik pekan depan di Gedung Negara. Pelantikan oleh bapak Gubernur Papua mewakil Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo,” tutur Sekda.

Hery berharap jelang pelantikan Bupati dan Walikota pekan depan, situasi keamanan dan ketertiban di Papua dapat terjaga. Pihaknya mengimbau kandidat serta pendukung yang kalah untuk dapat bersatu dengan calon kepala daerah terpilih, agar bisa bersama-sama membangun daerahnya menuju Papua bangkit, mandiri dan sejahtera.

“Saya juga imbau untuk mari kita semua menghindari gesekan-gesekan yang dapat memicu konflik serta berpengaruh pada stabilitas keamanan. Sebab sudah saatnya kita semua bersatu dan bekerja untuk memajukan daerahnya,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Hery berharap ada partisipasi aktif dari pemda setempat untuk memeriahkan acara pelantikan itu. Sebab meski menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi, pemda setempat diwajibkan berkontribusi

"Karena kemungkinan besar saat pelantikan ada acara bakar batu. Nah masing-masing daerah harus memberikan kontribusi supaya acara pelantikan ini bisa berjalan baik”.

“Saya juga minta aparatur pemda setempat untuk mulai mengecek perlengkapan yang bakal dipergunakan oleh para bupati, wakil bupati dan wali kota dan wakil wali kota. Sehingga saat pelantikan tak ada sesuatu yang kurang,” imbaunya.