13 Kabupaten Diberi Waktu Sepekan Menyerahkan Usulan Honorer

Pemerintah Provinsi Papua memberi waktu satu pekan bagi 13 kabupaten, untuk menyerahkan usulan formasi tenaga honorer, guna memperoleh kuota 20 ribu yang disediakan pusat.

Sebanyak 13 kabupaten itu, yakni Tolikara, Jayawijaya, Biak Numfor, Dogiyai, Nabire, Mamberamo Raya, Waropen, Mappi, Intan Jaya, Supiori, Mamberamo Tengah, Puncak Jaya dan Kota Jayapura.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Dance Yulian Flassy, penyerahan harus dikebut supaya pengangkatan 20 tenaga honorer bisa segera dilaksanakan.

“Tolong jangan lama-lama menyerahkannya (usulan formasi tenaga honorer) supaya segera ditindaklanjuti," tegas dia di Jayapura, Rabu.

Dance katakan, bila dalam batas waktu yang ditentukan, formasi yang diminta belum kunjung diserahkan, maka kabupaten tersebut wajib membuat surat pernyataan secara tertulis.

Dimana isi surat pernyataan itu menyebut, pemerintah kabupaten bersangkutan tidak dapat memproses usulan pengangkatan tenaga honorer di wilayahnya.

“Intinya kita tidak akan menyurat kembali ke kabupaten dan kota untuk mengingatkan. Artinya masing-masing kabupaten segera menindaklanjuti masing-masing,” ucap ia.

Sebelumnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng memastikan pemerintahannya sudah menyampaikan usulan kepada Pemprov Papua. Hanya saja, jumlah yang dialokasikan kepada Pemda Mimika dinilai sangat minim.

“Kami hanya mendapat kuota 600 orang saja, padahal ada 4.000 tenaga honorer yang siap. Artinya kalau ada kabupaten yang tidak memasukan formasinya, harapnnya bisa diberikan ke kami,” pungkasnya.