Pemerintah Provinsi Papua terus berupaya
melakukan pembinaan kepala kampung secara berkelanjutan, dengan harapan
penyelenggaraan pemerintahan dapat tertata dengan baik serta bertanggungjawab.
Hal demikian dikatakan Gubernur Lukas Enembe
dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua,
Doren Wakerkwa pada kegiatan Pembinaan Manajemen Pemerintahan Kampung Bagi
Kepala Kampung se Provinsi Papua, Selasa (11/10), di Sasana Krida Kantor
Gubernur Dok II Jayapura.
Menurut Gubernur, untuk menuntaskan Visi
“Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera†sudah saatnya Kepala Kampung bangkit
serta mengajak masyarakatnya agar mandiri. Upaya ini, sejalan dengan visi Presiden
dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla, yang dirangkum dalam Nawacita ke
tiga Desa, yakni membangun desa dari pinggiran.
“Makanya, diadakan pembinaan manajemen
pemerintahan kampung yang bertujuan untuk memberikan pandangan cara kerja
pemerintahan kampung terutama pada pengelolaan keuangan dana desa, serta tata
kelola pemerintahan kampung,†kata dia.
Ditambahkan, dengan berlakunya, undang-undang
No 6 Tahun 2014 tentang desa dan PP No 43 Tahun 2014 tentang Peraturan
Pelaksanaan UU Desa serta PP No 60 Tahun 2014 tentang dana desa yang bersumber
dari ABPN, membuat tugas pemerintah Provinsi Papua maupun kabupaten/kota harus
benar-benar serius melakukan pembinaan dan pelatihan-pelatihan bagi aparat
kampung terutama penggunaan dana desa.
Sehingga, langkah selanjutnya adalah membangun
infrastruktur kampung yang diawali dari pembangunan kantor kepala kampung,
balai kampung dan kantor bamuskam.
“Dari situ, wibawa pemerintah kampung terhadap
penyelenggaraan pemerintahan kampung akan dapat berjalan dengan maksimal. Karena
itu, saya berharap kepada kepala kampung agar dapat mengikuti kegiatan ini
dengan baik sehingga dapat diterapkan di daerahnya masing-masing,†tuntasnya.