Gubernur Lantik Ausilius You sebagai Caretaker Bupati Mimika

      Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe,SIP,MH secara resmi melantik Ausilius You sebagai Caretaker Bupati Kabupaten Mimika, Rabu siang (26/2) bertempat di Hotel Sahid, Entrop Jayapura. Pelantikan tersebut sebagaimana Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) No. 131.91 - 519 Tahun  2014, tentang pengangkatan Penjabat Bupati Mimika.  Dalam SK Kemendagri itu juga, Penjabat Bupati bertugas memfasilitasi pemilihan bupati dan wakil bupati Mimika defenitif dengan masa berlaku paling lama satu tahun lamanya.

      Pelantikan Ausilius You yang menjabat sebagai Sekrektaris Daerah Kabupaten Mimika ini  dihadiri Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua, Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian, Danlantamal X – Jayapura Brigjen TNI Rudi Bangkinas, Sekda Papua Herry Dosinaen, pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Papua serta Pejabat Pemerintah Kabupaten maupun DPRD Mimika. Usai mengambil sumpah dan janji, Gubernur Papua Lukas Enembe dalam sambutannya mengatakan tugas bupati adalah jabatan politis tertinggi disuatu kabupaten dan memiliki peran dan tugas yang strategis dalam pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

     Kabupaten Mimika sebagai salah satu kabupaten dari 28 kabupaten/kota di Provinsi Papua saat ini sedang mengalami masalah krisis kepemimpinan, karena telah berakhir masa kepemimpinan pasangan bupati dan wakil bupati. Klemen Tinal yang saat ini telah menjabat sebagai Wakil Gubernur Papua sementara Abdul Muis menjadi salah satu kandidat bupati Mimika. Selain itu,  Kabupaten Mimika telah menggelar pemilihan kepala daerah atau pemilukada untuk memilih bupati dan wakil bupati yang akan terpilih, sebagai pasangan bupati defenitif. Dengan hasil bahwa pemilukada Mimika harus memasuki putaran kedua.  "Oleh karenanya, saya ingin menjelaskan kepada kita semua para pemimpin daerah di 28 dan satu kota. Saudara punya kewajiban harus mengatur, menyiapkan secara baik seluruh tahapan Pemilukada," imabunya. 

     Pada kesempatan itu, Gubernur berharap agar pelaksanaan Pilkada Mimika putaran kedua agar dapat terlaksana dalam tahun ini juga. Dan tugas berat ini menjadi pekerjaan utama Caretaker Bupati yang baru saja dilantik bersama aparat TNI/Polri terkait hingga pihak DPRD maupun KPU. "Ini penting sekali untuk segera diwujudkan karena kita mau Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden Tahun ini semua berjalan baik dan jangan lagi ada hambatan," tutupnya.