185 Miliar Untuk Penyelesaian Ring Road

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Papua Djuli Mambaya mengatakan telah menganggarkan Rp185 miliar untuk merampungkan pembangunan ring road (jalan lingkar) Hamadi – Skyland.

Proyek tersebut, lanjut dia, sudah memasuki tahap tender di Biro Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Papua. Dengan target penyelesaian sebelum pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

“Sudah saya ikuti ada banyak perusahaan yang mendaftar. Sehingga kita menunggu saja siapa pemenangnya, supaya kemudian kita segera dorong melaksanakan pekerjaannya,” terang dia di Jayapura, kemarin

Dia katakan, biaya pembangunan ring road murni melalui APBD dan tak ada dukungan dari pemerintah pusat.

Itulah sebabnya pembangunan ring road masih belum rampung sampai saat inin, sebab Kementerian Pekerjaan Umum sudah tidak lagi membiayai pekerjaan pembangunan jalan lingkar sejak 2016 lalu.

“Namun pada intinya dengan dianggarkannya dana dari APBD saya ingin pastikan tahun ini sudah bisa rampung jika dikerjakan sekarang ini. Bahkan nanti pekerjaan ini akan selalu saya awasi supaya bisa segera dirampungkan,” tuturnya.

Dia menambahkan, dengan rampungnya pembangunan ring road diyakini keberadaannya akan mampu mengurai kemacetan di Kota Jayapura, yang sampai saat ini sudah cukup memprihatinkan, lebih khusus saat jam kerja.

“Apalagi jalan di skyland ini menurut penelitian sudah mulai bergeser karena beratnya beban kendaraan yang melewati jalan itu. Apalagi seluruh kontainer dari Pelabuhan Laut Jayapura, kerap melalui jalan ini untuk menuju ke wilayah Abepura,” katanya.