Gubernur Akan Terima Mahasiswa Papua Korban Gempa Palu

Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, dijadwalkan menerima rombongan mahasiswa dan masyarakat korban gempa Palu, Sulawesi Tengah, hari ini (Rabu,red).

Hal demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen di Jayapura, usai menghadiri satu kegiatan, Selasa (9/10).

Sekda memastikan kondisi 40 mahasiswa dan masyarakat Papua (termasuk Papua Barat) sampai saat ini berada dalam kondisi yang sehat walafiat. Sekitar 11 mahasiswa diantaranya, dilaporkan telah kembali ke Papua.

Sementara sekitar enam orang sedang diberangkatkan ke Jayapura lewat Makassar dan direncanakan tiba pada Rabu pagi ini.

“Intinya semua mahasiswa dari Palu dalam keadaan sehat tetapi juga ada dari masyarakat yang besok akan diterima Gubernur. Mahasiswa yang ada juga termasuk dari Papua Barat yang kita bantu pulangkan.”

“Total ada 40-an orang sudah dengan Papua Barat. Dan untungnya tidak ada korban meninggal dari peristiwa ini. Yang pasti sisa warga Papua yang ada akan segera digeser ke Makasar untuk dipulangkan ke Papua seluruhnya,” terang dia.

Menurut Sekda, pemerintah provinsi selalu memantau setiap aktivitas warga Papua yang ada di Palu. Pemprov melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua juga telah mengirim dua staf untuk mengkoordinir para mahasiswa di Palu.

“Perintah Gubernur sudah jelas agar tidak ada satupun mahasiswa yang terabaikan di Palu. Bahkan kita pun dari Pemprov Papua sudah membuat posko di Makasar untuk menampung para mahasiswa Papua yang ada di Palu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua mendonasikan anggaran senilai Rp4 miliar untuk  membantu meringankan beban warga Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, yang baru-baru ini terkena musibah gempa bumi dan tsunami yang merenggut ribuan korban jiwa.

“Bantuan bencana kepada korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala dari Provinsi Papua senilai Rp4 miliar tunai. Pemberian bantuan ini pun sudah kita sampaikan kepada Presiden Jokowi,” terang Gubenur Lukas.