DP3A-KB Pamerkan Hasil Kerajinan Perempuan Papua

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana (DP3A-KB) Provinsi Papua menggelar pameran hasil kerajinan perempuan penyintas untuk memperkenalkan kerajinan tangan perempuan Papua di depan Kantor DP3A - KB Provinsi Papua.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dalam sambutannya yang dibacakan Kepala DP3A-KB Provinsi Papua, Anike Rawar mengatakan, pameran hasil kerajinan tangan perempuan penyintas, bukan hanya untuk memperkenalkan secara spesifik hasil kerajinan Perempuan Papua saja. 

Melainkan, kata Gubernur Enembe, untuk mengantar karakter ekonomi perempuan dari yang tradisional menuju ke modern, untuk mampu berkompetisi dari suku lain tanpa menghilangkan karateristik etnisnya, dimana hasil-hasil kerajinan tangan perempuan Papua, juga menjadi penanda etnis perempuan Papua.

“Jika kita bicara noken, berarti kita sedang bicara siapa itu perempuan Papua. Jika pakai gelang sarak dan gelang anyaman, berarti kita sedang menunjukkan eksistensi perempuan Papua,” katanya. 

Dikatakan, Pemprov Papua telah berkomitmen meningkatkan kerajinan tangan asli Papua melalui beberapa regulasi yang telah diterbitkan seperti Perdasus Nomor 18 Tahun 2008 tentang Perekonomian Berbasis Kerakyatan dan Peraturan Gubernur (Pergub) yang saat ini dalam finishing.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga telah mengeluarkan Instruksi Gubernur Nomor 3 tahun 2014 tentang Gerakan Melestarikan Budaya Papua dan Pangan Lokal.

“Regulasi ini ini adalah wujud nyata komitmen pemerintah dalam menterjamahkan Undang-Undang Otonomi Khusus untuk melestarikan, mendorong, menfasilitasi semua upaya, semua usaha untuk keberlangsungan hidup manusia Papua,” imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan  DP3A-KB Provinsi Papua, Armin Waimuri, SSos menambahkan, pameran kerajinan perempuan penyintas diikuti enam kabupaten yakni Kabupaten Supiori, Kabupaten Kepualuan Yapen, Kabupaten Waropen, Kabupaten Paniai, Kabupaten Dogiyai dan Pegunungan Bintang. 

“Diharapkan dengan adanya pameran ini dapat membantu meningkatkan pemahaman berwirusaha dan meningkatkan ekonomi keluarga, tetapi juga dapat bersaing di dunia usaha,” imbuhnya.