BPS Minta OPD Pemprov Papua Manfaatkan Aplikasi SIMACE

JAYAPURA - Deputi Bidang Statistik Produksi BPS RI, M. Habibullah mengimbau seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Papua, agar memanfaatkan aplikasi Statistical Management and Collaboration System (SIMACE), untuk menjadi wadah bagi pelaksanaan satu data Indonesia serta perwujudan sistem statistik nasional yang efektif.

 

“Termasuk mengambil peran dan berkontribusi aktif dalam mewujudkan sistem statistik nasional di Indonesia,” terang Habibullah, saat meluncurkan aplikasi SIMACE di salah satu hotel di Kota Jayapura, Selasa (30/11/2021).

 

Sementara Kepala BPS Provinsi Papua, Adriana Carolina mengatakan aplikasi tersebut merupakan sistem yang mampu memenuhi kebutuhan tata laksana data statistik di bumi cenderawasih

 

Selain itu, merupakan one get system atau web aplikasi yang merangkum serta mendokumentasikan kegiatan statistik sektoral. Dimana, secara umum, terdiri dari kegiatan statistik sektoral maupun pembinaan statistik.

 

Artinya di web ini ada data sektoral dari OPD dan ada juga pembinaan statistik. Sehingga teman-teman OPD kalau tidak punya waktu ke BPS, dapat membuka aplikasi ini dan belajar terkait statistik di web tersebut

 

Sebab dengan banyaknya data yang beredar dan dirilis oleh OPD maupun instansi di Papua, kami menyadari perlu ada wadah untuk pengumpulan data. Dimana bukan hanya mengkompliasi data yang telah terkumpul, tetapi juga membantu melengkapinya sesuai dengan prinsip satu data indonesia,” ujar dia.

 

Adriana menambahkan, aplikasi SIMACE merupakan salah satu inovasi dalam rangka upaya pelaksanaan pembinaan statistik di Provinsi Papua.

 

Diharapkan aplikasi tersebut dapat meningkatkan peran BPS sebagai pembina data statistik. Disamping itu, dapat meningkatkan kapasitas wali data dan produsen data statistik.

 

“Intinya kami ingin memberikan andil dalam peningkatan tata kelola data di tanah Papua,” tandasnya. ***