Pemprov Dorong Pembahasan APBD Perubahan

Pemerintah Provinsi Papua dalam waktu dekat segera mendorong pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018 bersama lembaga legislatif (DPR Papua).

Sementara berkaitan dengan hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen memerintahkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk segera menyiapkan berkas maupun dokumen yang dibutuhkan.

“Segera siapkan seluruh kegiatan-kegiatan yang membutuhkan pembiayaaan untuk dibahas dalam APBD Perubahan,” terang Hery saat memberikan arahan pada apel gabungan Senin (9/7) pagi, di  Halaman Kantor Dinas Otonom Kotaraja, Jayapura.

Sementara beberapa kegiatan yang membutuhkan pembiayaan dalam APBD Perubahan 2018, sambung dia, diantaranya seperti Pemilukada Gubernur, penetapan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) dan gaji guru yang dilimpahkan dari kabupaten dan kota.

“Intinya setiap kegiatan-kegiatan lain yang penting  dan tentunya membutuhkan perhatian dana semuanya dimasukan dalam APBD Perubahan 2018. Intinya, saya ajak seluruh OPD memahami kondisi itu dan kemudian yang terpenting tetap melaksanakan tugas sebagaimana mestinya,” jelasnya.

Tak hanya kepada APBD Perubahan 2018, Sekda juga mengharapkan seluruh SKPD agar mulai mendorong persiapan pembahasan APBD induk 2019 yang wajib disahkan pada tahun ini. Sehingga diharapkan implementasi anggaran maupun programm kerjanya dapat dilaksanakan pada awal tahun depan.

Sekda pada kesempatan itu berharap seluruh SKPD agar lebih maksimal dalam melakukan penyerapan anggaran, sehingga hasil yang diperoleh lebih dapat baik dibanding tahun sebelumnya.

“Memang kerja keras seluruh SKPD di 2018 wajib untuk ditingkatkan. Agar tingkat penyerapan bisa mencapai 100 persen.”

“Sebab 2017 lalu penyerapan anggaran Pemerintah Provinsi Papua terbilang rendah. Hanya mencapai 84 persen. Karenanya saya berharap serapan anggaran 2018 bisa mencapai 100 persen,” ucapnya.