Menkeu Sri Mulyani Resmikan Gedung Keuangan Negara Jayapura

JAYAPURA - Gedung Keuangan Negara (GKN) Jayapura yang berlokasi di Jl. Diponegoro Gurahbesi, Jayapura Utara, Kota Jayapura resmi beroperasi pada Jumat (26/11/2021), setelah diresmikan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani.

 

Gedung 10 lantai yang dibangun selama tiga tahun dengan total dana Rp244 miliar tersebut, berdiri kokoh dengan desain modern berunsur the new way of working dan berdekorasi khas Papua. 

 

Menteri Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan gedung baru tersebut akan menjadi pusat pelaksanaan operasi keuangan negara di Papua.

 

Sementara keberadaannya diharapkan mampu memberikan dukungan yang kuat bagi pemerintah daerah, dalam pelaksanaan pembangunan, baik di Provinsi Papua dan Papua Barat. 

 

“Kita harap GKN Jayapura ini menjadi modal yang kuat bagi jajaran Kemenkeu untuk kemudian memberikan dukungan kepada pemerintah daerah kabupaten dan kota serta provinsi bahkan sampai ke desa-desa. Termasuk juga bagi kementerian lembaga yang juga membelanjakan anggaranya di Papua,” kata Sri Mulyani

 

Dia menambahkan, keberadaan GKN Jayapura yang bakal menjadi tempat atau wadah terpusat bagi unit- unit vertikal Kemenkeu agar dapat memberikan pelayanan yang semakin terintegrasi dalam bidang keuangan

 

“Dengan adanya GKN Jayapura, Kemenkeu pastinya bisa memberikan pelayanan yang maksimal, terutama kepada perekonomian. Sehingga kita bisa melihat perkembangan pembangunan dan perbaikan kesejahteraan masyarakat bisa berjalan cepat,” tandas dia

 

Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun menuturkan, GKN Jayapura kini menjadi salah satu gedung kebanggaan masyarakat Papua. Pun begitu, ia berharap kehadiran GKN Jayapura akan semakin meningkatkan jalinan koordinasi antar instansi vertikal Kemenkeu dengan pemerintah daerah. 

 

“Segenap jajaran Pemprov Papua senantiasia siap berkordinasi dan bekerjasama dengan Kemenkeu untuk memberikan pelayanan terbaik sebagai upaya meningkatkan kesejahrtaan masyarakat papua,” kata Ridwan.

 

Pada kesempatan itu, lanjut Ridwan, Pemprov Papua juga menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat yang besar kepada rakyat Papua dengan adanya upaya percepatan pembangunan di Papua. 

 

Dimana terdapat peningkatan porsi alokasi dana Otsus Papua, yang tentunya memberikan manfaat besar terhadap peningkatan berbagai sektor pembangunan, baik itu pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. ***