Raperda Papua Sebagai Provinsi Olahraga Nasional Mulai Digodok

JAYAPURA - Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Papua sebagai provinsi olahraga nasional kini segera didorong.

 

Hal ini sebagaimana disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Provinsi Papua Alexander Kapisa, di Jayapura, Selasa (26/4/2022), usai secara resmi memulai 'kick-off' Papua sebagai provinsi olahraga nasional.

 

"Dengan ini kick off Papua sebagai provinsi olahraga nasional dimulai dan kita telah menggandeng Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura dari segi akademi, untuk mendorong Raperda ini," terang ia.

 

Alex menargetkan, pengesahan regulasinya akan diselesaikan dalam tahun ini pula. Hal demikian tak mustahil, sebab Provinsi Papua baru-baru ini telah mencatatkan diri sebagai salah satu provinsi yang berhasil menyelenggarakan event sekelas Pekan Olahraga Nasional (PON).

 

"Intinya pencanangan ini merupakan lanjutan dari kesuksesan Papua sebagai menjadi tuan rumah PON XX dan Peparnas XVI 2021 lalu".

 

"Sehingga kick-off ini merupakan tahapan-tahapan awal yang kami lakukan, apalagi presiden Joko Widodo juga merestui Papua sebagai provinsi olahraga," ujar ia.

 

Sementara beberapa upaya yang dilakukan saat ini, telah melalui tahapan kajian akademis bersama pihak perguruan tinggi terkait. Diharapkan segera berproses ke pembahasan dan penuntasan masalah administrasi hingga ke legislasi.

 

"Artinya jika semua pembahasan baik dari pemerintah dan Uncen sudah selesai, maka langkah selanjutnya dipertemukan dalam legislasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP). Intinya kita dorong penyelesaian Perda ini selesai dalam 2022," tandasnya. ***