"Pemerintah Provinsi Papua beberapa waktu lalu telah mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) berbasis web yang sudah dapat diakses oleh berbagai pihak berwenang tanpa dibatasi ruang dan waktu. Sistem ini selain menyajikan informasi yang terkait dengan kepegawaian, seperti meningkatkan pelayanan di bidang mutasi kepegawaian, yang antara lain untuk kenaikan pangkat, pindah wilayah kerja, pensiunan serta hal terkait lainnya yang dapat diakses secara on line. Sementara untuk dapat menjalankan aplikasi tersebut, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Latihan Aparatur Papua bekerja sama dengan Dinas Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (DPTIK) Papua menggelar pelatihan Simpeg kepada para pengelola aplikasi tersebut agar data yang dihasilkan kedepan dapat memiliki kualitas yang baik. Dengan harapan kedepan, Simpeg ini dapat memenuhi hak-hak pegawai dengan baik, khususnya dalam hal kenaikan pangkat, promosi jabatan, pensiunan serta hal terkait lainnya. Hal ini sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (DPTIK) Papua, Thobias Solossa, SH, MM saat memberi keterangan, di ruang kerjanya, Senin (7/6) siang.
Dikatakan Thobias, pihaknya sangat mendukung kegiatan pelatihan yang digelar Badan Kepegawaian, kendati pihaknya hanya menyumbang sarana infrastruktur Information technology (IT). Meski begitu, ia berharap kehadiran Simpeg dapat mengefektifkan serta mengefisienkan kepengurusan maupun pengelolaan data base tentang kepegawaian, yang sebelumnya dikerjakan secara manual. “Kan sekarang pekerjaan ini sudah ter-input dan terbangun dalam satu sistem on line. Data ini juga sudah masuk dan tersimpan di website Pemerintah Provinsi Papua. Oleh karena itu, kita harap kehadirannya bisa mempermudah kinerja instansi terkait dalam pengeloaan data kepegawaian di Papua, â€Âcetusnya.
Menyinggung soal kemudahan para pegawai dalam mengurus kenaikan pangkat dengan adanya Simpeg, Thobias Solossa menerangka bahwa dengan adanya aplikasi ini, instansi terkait tak perlu dengan susah payah mencari data-data yang diperlukan. Sebab data tersebut sudah siap dan tinggal dibuka secara on line melalui aplikasi Simpeg. “Jadi, yang jelas Simpeg ini mempermudah instansi kepegawain dalam mengurus seluruh keperluan kepegawaian. Saat urus kenaikan pangkat misalnya, pasti sudah ada data yang tinggal dilihat secara online. Tak perlu lagi pegawai itu bawa berkas yang tebal dan berat. Karena tujuan Simpeg ini adalah untuk memberikan efisiensi dalam berbagai hal. “Dan akhirnya target yang ingin kita capai kedepan adalah bagaimana pengelolaan sistem aplikasi kepegawaian ini bisa melayani urusan pegawai dengan lancar, disertai dengan waktu yang cepat dan tepat, â€Âtuturnya.
Sebelumnya, pada hari Senin pagi, Plt. Sekda Papua, Drs. Elia Ibrahim Loupatty, MM membuka acara pelatihan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Berbasis Web, bertempat di Aula Kantor DPTIK Papua. Kegiatan pelatihan selama 5 hari tersebut, dihadiri PNS Pengelola Data Kepegawaian pada Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua.