Digelar Secara Online, Papua Siap Pamerkan Produk Unggulan di Pasific Exposition 2021

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua memastikan pelaksanaan Pacific Exposition kedua di Wellington, Selandia Baru, bakal digelar secara virtual, 28 s/d 30 Oktober 2021 mendatang.

Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Papua Suzana Wanggai menyatakan provinsi tertimur di Indonesia ini, siap memamerkan produk unggulan di pagelaran internasional tersebut.

“Dimana untuk mempersiapkannya kita saat ini sedang melakukan identifikasi dulu terhadap produk-produk unggulan yang akan dipamerkan pada Pacific Exposition 2021”. 

“Dan meski digelar secara online akibat pandemi COVID-19, kita sangat siap untuk pamerkan hasil bumi Papua kepada dunia internasional,” terang dia Rabu (8/9/2021).

Masih dikatakan Suzana, beberapa produk unggulan Papua yang bakal dipamerkan dalam event tersebut, diantaranya Sambal Mace Papua, Sambal Baba, Kopi Papua dan lainnya. 

Pihaknya bersama institusi terkait juga sedang mendorong produk unggulan batik Papua untuk dipromosikan ke dunia internasional.

Sementara dikarenakan pelaksanaannya digelar secara online, Pemprov Papua menggandeng pihak Event Organizer (EO) untuk menyetel serta menyiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan tampilan virtual.

“Sebab kita bersaing dengan beberapa provinsi di Indonesia, seperti Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi Utara yang dipastikan ikut berpartisipasi dalam Pacific Exposition 2021 itu. Dan karena virtual maka kita minta EO untuk menyetting acaranya,” terangnya. 

Ia menambahkan, terkait proses identifikasi produk-produk unggulan Papua, merupakan tindaklanjut hasil rapat bersama KBRI Selandia Baru dan Kementerian Luar Negeri RI, beberapa waktu lalu. 

Pihaknya meminta dukungan pihak terkait dan masyarakat Papua agar persiapan mengikuti pelaksanaan Pacific Exposition, dapat berjalan sebagaimana mestinya. ***